Pemilihan Jalur Alternatif Menuju Objek Wisata Kota Bukittinggi dengan Logika Fuzzy

Authors

  • Dona Kurnia
  • Febby Kesumaningtyas

Keywords:

Jalur Alternatif, Kriteria, Logika Fuzzy, Objek wisata

Abstract

Penelitian dengan judul “Pemilihan Jalur Alternatif Menuju Objek Wisata  Kota Bukittinggi dengan Logika Fuzzy” memilih logika fuzzy sebagai penunjang keputusan dalam menentukan jalur alternatif menuju objek wisata dikarenakan logika fuzzy mampu memberikan output yang lebih optimal dibandingkan dengan metode yang lain. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah Panjang jalan, kepadatan jalan dan kondisi jalan. Kriteria tersebut dipilih berdasarkan hampir seluruh objek wisata yang ada dikota bukittinggi terletak dijantung kota bukittinggi yang mengharuskan wisatawan melewati keramaian disepanjang jalur utama kota bukittinggi. Untuk kriteria kepadatan jalan akan ditentukan berdasarkan hari, karena tidak setiap hari kepadatan lalu lintas terjadi. Google Map telah menyediakan jalur-jalur alternatif yang harus dilewati namun belum memberikan keputusan yang optimal. Google Map memberikan alternatif hanya pada panjang jalan dan waktu yang harus dilewati, sedangkan informasi tentang kepadatan jalan dan kondisi jalan tidak tersedia. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dihasilkan bagaimana logika fuzzy mampu memberikan keputusan dalam pemilihan jalur alternatif menuju objek wisata yang ada di kota bukittinggi dengan kriteria panjang jalan, kepadatan jalan dan kondisi jalan. Penelitian ini ditunjang dengan bahasa pemrograman PHP, MySQL serta Google Map API.   

References

[1] Https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bukittinggi#Pariwisata, “[Accessed 20 Februari 2017].” .

[2] A. Naba, Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Andi Publisher Yogyakarta, 2009.

[3] S. Kusumadewi, Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Toolbox Matlab. graha ilmu Yogyakarta, 2002.
[4] E. T. Prabowo, “Sistem Informasi Geografis Dalam Pencarian Lokasi Museum di Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Scr., vol. 1, no. 1, pp. 13–23, 2013.

Downloads

Published

2017-10-11

How to Cite

Kurnia, D., & Kesumaningtyas, F. (2017). Pemilihan Jalur Alternatif Menuju Objek Wisata Kota Bukittinggi dengan Logika Fuzzy. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 162 - 171. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/33

Issue

Section

5. Teknologi & Komputer