Prototipe Sistem Scoring Pertandingan Bola Voli Berbasis Android dan Desktop

Authors

  • Satriyo Satriyo
  • Wendh i Yuniarto
  • Afriansyah Akbar

Keywords:

Kata kunci: Permainan bola voli, desktop, Android, Java

Abstract

Seorang wasit dalam pertandingan bola voli memiliki tugas mencatan score, rotasi pemain, dan pergantian pemain. Apabila terjadi  kesalahan dalam pecatatan tersebut maka akan merugikan tim yang bertanding dan berpotensi menimbulkan perselisihan antara wasit dan tim yang bertanding. Penelitian ini memberikan solusi dengan mengembangkan Sistem pemantau pertandingan bola voli untuk membantu dalam pencatatan score, rotasi pemain, time out dan pergantian pemain, sehingga kesalahan wasit dapat diminimalisir. Sistem ini terdiri dari dua bagian yaitu aplikasi berbasis mobile dan aplikasi desktop. Aplikasi berbasis mobile digunakan oleh wasit, sedangkan aplikasi desktop digunakan oleh panitia penyelenggara. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman java.

References

[1] Kasdami, 2015, Rancang Bangun Pencatat Score Berbasis Mikrokontroler Dengan Pengiriman Data Menggunakan Wireless, STIMIK GI MDP.
[2] Liliana, Maria S.P, Suprianto . 2013. Rancang Bangun Papan Skor Olahraga berbasis mikrokontroler ATMEGA 8535 dengan inputan keyboard komputer, (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/ article/view/565)
[3] Danuri, Muhammad. 2009. Object Oriented Programming (OOP) Pembangunan Program Aplikasi Berbasis Windows, (http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/35/35)
[4]. Arief, M.Rudyanto. 2006. Pemograman Basis Data Menggunakan Transact-SQL Dengan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[5]. Ramadani, Octavianti. 2016. Pengenalan Gedung Perkuliahan Ilmu Komputer USU Dengan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android.Skripsi.Universitas Sumatera Utara

Downloads

Published

2017-10-11

How to Cite

Satriyo, S., i Yuniarto, W., & Akbar, A. (2017). Prototipe Sistem Scoring Pertandingan Bola Voli Berbasis Android dan Desktop. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 193 - 196. Retrieved from https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/37

Issue

Section

5. Teknologi & Komputer