Prototipe Sistem Scoring Pertandingan Bola Voli Berbasis Android dan Desktop
Keywords:
Kata kunci: Permainan bola voli, desktop, Android, JavaAbstract
Seorang wasit dalam pertandingan bola voli memiliki tugas mencatan score, rotasi pemain, dan pergantian pemain. Apabila terjadi kesalahan dalam pecatatan tersebut maka akan merugikan tim yang bertanding dan berpotensi menimbulkan perselisihan antara wasit dan tim yang bertanding. Penelitian ini memberikan solusi dengan mengembangkan Sistem pemantau pertandingan bola voli untuk membantu dalam pencatatan score, rotasi pemain, time out dan pergantian pemain, sehingga kesalahan wasit dapat diminimalisir. Sistem ini terdiri dari dua bagian yaitu aplikasi berbasis mobile dan aplikasi desktop. Aplikasi berbasis mobile digunakan oleh wasit, sedangkan aplikasi desktop digunakan oleh panitia penyelenggara. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman java.
References
[2] Liliana, Maria S.P, Suprianto . 2013. Rancang Bangun Papan Skor Olahraga berbasis mikrokontroler ATMEGA 8535 dengan inputan keyboard komputer, (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/ article/view/565)
[3] Danuri, Muhammad. 2009. Object Oriented Programming (OOP) Pembangunan Program Aplikasi Berbasis Windows, (http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/35/35)
[4]. Arief, M.Rudyanto. 2006. Pemograman Basis Data Menggunakan Transact-SQL Dengan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[5]. Ramadani, Octavianti. 2016. Pengenalan Gedung Perkuliahan Ilmu Komputer USU Dengan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android.Skripsi.Universitas Sumatera Utara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0