Motivasi Penggunaan E-Commerce dalam Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya

Authors

  • Iin Seprina
  • Heri Suroyo
  • Dinny Komalasaric

Keywords:

Motivasi, penggunaan E-Commerce, wirausaha

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Jaya Palembang, dimana di Sekolah Menengah Kejuruan yang sedang berkembang menuju perbaikan, untuk mempersiapan peserta didik menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang nantinya berwirausaha menjdi pilihan karir. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran motivasi untuk menjalankan wirausaha melalui media e-commerce. Rumusan masalahnya adalah untuk mengetahui motivasi penggunaan media e-commerce dalam berwirausaha pada siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan produk panduan bahan ajar dalam e-commerce. Analisis untuk membandingkan antara rerata dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh pertama terdapat beda nyata antara motivasi menggunakan e-commerce dalam berwirausaha antara kelompok responden yang sudah memiliki akun e-commerce dengan yang belum serta responden yang memilki pengalaman bertransaksi dengan yang belum berpengalaman di e-commerce. Kedua diperoleh juga terdapat beda nyata  motivasi penggunaan e-commerce antara rerata data responden yang memiliki usaha sendiri/kelurga atau yang tidak/belum memiliki usaha

References

[1] Jong & Wennekers,2008.,Conceptualizing Entrepreneurial Employee Behavior, SMEs and Entrepreneurship Programme Finance by The Netherlands Ministry of Economic Affairs.
[2] Buchari,Alma.,2013.,Kewirausahaan.Bandung:Alfabet
[3] Basrawi.,2014.,Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi.Bogor:Ghalia Indonesia
[4] Larsen,P.,&A.Lewis.,2007.How Award Minning SMEs Manage The Barriers to Innovation,Journal Creativity and Innovation Mangement,Page:141-151.
[5] Keeh,Hean Tat, Mai Nguyen & Ping., 2007.The Effect of Entrepreneurial Orientation and Marketing Information on The Performance of SMEs,Journal of Business Venturing,Page :592-611
[6] Yaghobbi,Salarzehi,Aramesh&Akbari,.2010.An Evaluation of Independent Enterpreneurship Obstacles in Industrial SMEs,European Journal of Social Sciences,pp.33-45
[7] Li,Yang.,&Yang,R.,2014.New Bussiness For Company to Win the Competition.American Journal of Industrial and Business Management, vol.4.Hlm.190-198.
[8] Buchari, Alma., 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
[9] Prabandari,Sri Palupi.,2008.Efektifitas Penggunaan E-Commerce sebagai penunjang aktifitasBisnis Pada Usaha Kecil Menengah (UKM)di Malang Raya.Universitas Brawijaya.
[10] Winarsih,Puji.,2014.Minat Berwirausaha Ditinjau dari Motivasi dan Sikap Kewirausahaan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012,Jurnal Publikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[11] Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabet

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Seprina, I., Suroyo, H., & Komalasaric, D. (2017). Motivasi Penggunaan E-Commerce dalam Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 31 - 36. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/13

Issue

Section

1. Sistem Informasi Manajemen