Pengembangan Bahan Ajar Pengantar Statistika Menggunakan E-Learning untuk Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
Keywords:
e-Learning, Moodle, perancangan dan pengembanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan e-Learning berbasis Moodle yang sesuai dan layak untuk matakuliah Pengantar Statistika dengan sasaran penelitian mahasiswa UNJ tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap perancangan dan pengembangan e-Learning berbasis Moodle. Setelah tahap perancangan dan pengembangan e-Learning berbasis Moodle, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Masukan serta saran yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran diterapkan untuk diuji coba kepada mahasiswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-Learning berbasis Moodle untuk matakuliah Pengantar Statistika dinyatakan layak dengan nilai content validity ratio masing-masing oleh ahli materi sebesar 1 dan penilaian ahli media pembelajaran dengan nilai 0,85. Hasil uji coba responden mahasiswa melihat kesesuaian materi secara keseluruhan dengan nilai persentase 91,25% mendapatkan kriteria sesuai. Dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan beberapa tahap perancangan dan pengembangan e-Learning berbasis Moodle untuk matakuliah Pengantar Statistika menghasilkan e-Learning yang sesuai dan layak digunakan pada mahasiswa UNJ.
References
[2] Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[3] Lesmana, Surya, Susno, A., & Mufti, A. (2013). 2 Jam Bisa Bikin Web e-Learning Gratis Dengan Moodle. Jakarta: Change Publication.
[4] Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28:563-575
[5] Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
[6] Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.
[7] Suartama, K. & Tastra, K. (2014). E-Learning Berbasis MOODLE. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0