Sistem Penanganan Kerusakan City Car Menggunakan Metode Case Based Reasoning (CBR)
Keywords:
Otomotif, Case Base Reasoning, Mesin, Sistem.Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi otomotif maka semakin pesat juga persaingan dalam bidang otomotif tersebut, begitu juga pada kendaraan roda empat. Sering terjadi kasus kendaraan roda empat beroperasi tidak sesuai dengan fungsinya atau mengalami kerusakan dijalan sehingga dapat menggangu aktifitas pengendara bahkan pengedara yang lainnya. Penyebab kerusakan pada mesin mobil berawal dari kurangnya perawatan mesin oleh pemilik mobil dan tidak perduli pemilik mobil terhadap mesin karena tidak mengerti mengenai mesin atau malas memeriksa kondisi mesin, sehingga terjadi gejala yang menghambat laju mobil tidak seperti biasanya seperti mesin mobil susah untuk di starter dan laju mobil tersendat - sendat. Implementasi CBR dapat dilakukan diberbagai bidang salah satunya di bidang otomotif untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dari mekanik yang sudah berpengalaman kepada mekanik yang baru masuk. Dengan menggunakan metode Case Base Reasoning melalui empat tahapan yaitu retrieve, reuse, revise dan retain. Case Based Reasoning (CBR) merupakan penalaran yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan baru dengan mengadopsi solusi – solusi yang terdapat pada kasus – kasus sebelumnya dengan mempunyai permasalahan yang hampir sama dengan kasus yang baru. Pengetahuan utama sistem CBR yaitu berdasarkan kasus – kasus yang telah ada atau yang telah tersimpan didalam basis kasus. Kasus – kasus dapat diperoleh dari pengalaman seseorang atau pengalaman seorang pakar dibidangnya. Penelitian ini dapat menghasilkan sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat memberikan mekanik pengetahuan mengenai status gejala kerusak dan cara penanganan yang harus dilakukan.
References
[2] Toriq Mochammad, Martoatmodjo Soebari, “Pengaruh Fasilitas dan KualitasLayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada SPBU Pertamina 54.612.64 di Siduarjo”, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 8, 2014.
[3] Ramdiani, Nurbasar,”Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Pada Mobil”, Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Mulawarman, Jl. Barong Tongkok No.5 Kampus Unmul Gn. Kelua Sempaja Samarinda 75119, Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 6 No. 1 Februari 2011I.
[4] Fajrina Mutiara Coniesya. “Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Mobil Toyota Yaris”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
[5] Yudatama Uky. “ Sistem Pakar Untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile ”, Dosen, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang, Jurnal Teknologi, Volume. 1 No. 2, Desember 2008, 212 – 218.
[6] Ungkawa Uung, Rosmala Dewi, Aryanti Fanny. “ Pembangunan Aplikasi Travel Recommender Dengan Metode Case Base Reasoning ”, Jurusan Teknik Informatika, Intitut Teknologi Nasional Bandung, Jurnal Vol 4 No. 2, Maret 2010.
[7] Astuti Trya . “Sistem Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Menggunakan Case Base Reasoning Dan Algoritma Nearest Neighbor”, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Ahcmad Yani 2012.
[8] Kurniawan Taufan, “Rancangan Bangun Prototype Automatic Terminal Information Service (P-ATIS) Berbasis Personal Computer (PC) di Bandara Radin Inten II Lampung”, Fakultas Teknik Universitas Lampung, Bandar Lampung 2010.
[9] Sidharta Iwan, Wati Mirna, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Urunan Desa (URDES) Berdasarkan Pada Pajak Bumi dan Bangunan”, STIE Pasundan Bandung, STIMIK Mardira Indonesia Bandung, Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 9 No. 2 Desember 2015, 95-107 ISSN 2442 -4943.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0