Pelatihan Pengembangan Pengajaran Berbantuan Komputer (PBK) Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan SMAK dan SMTI Kota Padang

Authors

  • Nelda Azhar
  • Asrul Huda
  • Kasman Rukun

Keywords:

SMK, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbantuan Komputer

Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan kejuruan penghasil pekerja teknik tingkat menengah yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Tenaga pengajar di SMK harus dapat meningkatkan kualitas lulusannya agar dipercaya oleh industri dan mempunyai daya saing tinggi. Pengetahuan yang relevan dengan dunia industri harus ditanamkan pada para peserta didik di SMK sebagai bekal masuk ke Industri nantinya. Kegiatan ceramah yang dilakukan oleh guru sama sekali tidak salah, namun ketika ceramah, interaksi guru dengan siswa kurang begitu berjalan, guru hanya cenderung ceramah dan tidak memperhatikan situasi dan kondisi siswa di kelas. Metode ceramah juga tidak bisa dilepaskan dari proses pembelajaran. Metode ceramah akan membuat siswa mendapat hasil belajar yang maksimal jika dikemas dengan lebih baik dan menarik. Tercapainya tujuan pembelajaran pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan tidak lepas dari peran utama seorang guru. Seorang guru tidak hanya dituntut sekedar menyampaikan ilmu, tetapi juga harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif sehingga proses pembelajaran dapat belangsung secara aktif. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka diperlukan metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kekuatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Pemilihan metode pembelajaran tersebut di harapkan dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu.

References

[1] Priyanto Hidayatullah (2008), Making Educational Education using Flash (Membuat Animasi Pendidikan untuk Memvisualisasikan materi pelajaran), Penerbit Informatika Bandung
[2] Robinson Situmorang dan Atwi Suparman (1998), Pengajaran Dengan Media, Penerbit STIA LAN Jakarta
[3] Heinich, Robert. 2005. Instructional Media; and the New Technologies of Instruction. New York: Macmilan Publishing Company.
[4] M. Suyanto (2007), Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran, Penerbit Andi Yogyakarta.
[5] Island Script (2008), Panduan Mudah Membuat Animasi dapat Dikerjakan kurang dari 10 Menit, Penerbit Media Kita Jakarta
[6] Smaldino, Sharon E, dkk. 2012. Instructional Technology and Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: PEARSON Merrill Prentice Hall.
[7] Sudirman (2009), 10 Animasi Kartun Flash, Penerbit Maxikom Palembang
[8] Susilana, Rudi dkk. 2006. Kurikulum Pembelajaran. FIP: Universitas Pendidikan Indonesia.
[9] Vaughan, Tay. 2004. Multimedia: Making It Work, Sixth Edition. McGraw-Hill Companies, Inc.
[10] Wena, Made 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer.Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-10-17

How to Cite

Azhar, N., Huda, A., & Rukun, K. (2017). Pelatihan Pengembangan Pengajaran Berbantuan Komputer (PBK) Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan SMAK dan SMTI Kota Padang. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 246 - 250. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/46

Issue

Section

6. Sistem Enterprise