Perancangan Sistem Aplikasi Pengambilan Keputusan Pemilihan Media Promosi Menggunakan Unifed Modelling Language

  • Lidya Wati Politeknik Negeri Bengkalis
  • Rezki Kurniati Politeknik Negeri Bengkalis
  • Mansur Mansur Politeknik Negeri Bengkalis

Abstract

Small and medium enterprises (SMEs) in Bengkalis Subdistrict have not been maximized in utilizing information technology to increase sales of products owned. This is due to the lack of utilizing media promotion, lack of knowledge of business people about information technology and limited market access. According to the results of direct observations to several business actors in Bengkalis Regency, product marketing was carried out by entrusting products to food and mini-market stores in Bengkalis Regency. This study aims to build a decision-making system for the selection of SMEs  in Bengkalis Regency by using the Unified Modeling Language design model, which consists of Use Case Diagrams, Activity Diagrams and Sequence Diagrams. In determining the decision to determine the right promotional media the method used is Fuzzy Mamdani, which consists of five criteria, namely promotion costs, duration, place, market segment, and ad scale. While alternatives as decisions are television, radio, newspapers, internet and pamphlets. The result of the research is an application designed to help SMEs in determining what promotion media is the best so as to increase marketing and income


Keywords:Unified Modelling Language, Desicion Support System, Fuzzy Mamdani, Media Promotion, SMEs

References

[1.] Marisa, H., 2015. Analisa Kebijakan e-Asean di Indonesia dalam Kaitannya dengan ASEAN Digital Revolution 2025. International Society , 2(2).
[2.] Dony, N., 2009, Aplikasi Penggunaan Metode Prmethee Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Media Promosi, Jurnal Ilmiah Kursor, 5(2), ISSN 0216-0544
[3.] Rita, W.A, 2017, Website Sebagai Media Promosi Untuk Memasarkan Produk Industri Kreatif, Information Management for Education and Professionals, 1(1), E-ISSN:2548-3331.
[4.] Liana, M., Aflit, N.P, Syahrina, N.D, 2016, Efektifitas Katalog Sebagai Media Promosi Bagi Pengembangan UMKM Di Kabupaten Sragen, Benefit Jurnal Managemen dan Bisnis, 1(1)
[5.] Rosiska E., 2018, Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasi, Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(2), pp 479-485
[6.] Dharwiyanti, S., Wahono, R.S., 2003, Pengantar Unified Modeling Language (UML), Modul Kuliah Umum Ilmu Komputer.
[7.] Gushelmi, Kamda, D.R, 2012, Permodelan UML Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis WAP (Studi Kasus : Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Putra Indonesia YPTK Padang), Jurnal Ilmu Komputer, 1(1), pp24-44
[8.] Dahriansyah, 2015, Sistem Pendukung Keputusan dengan Menggunakan Metode SAW Untuk Mengetahui Kepuasaan Pelanggan Studi Kasus Kantor BPJS Kisaran, Jurnal Manajemen Informatika Teknik Informatika, 1(2), 88-84.
[9.] Hapsari. D.P., Karimah. N., 2012, Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Cuaca dengan Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani, Jurnal IPTEK, 16(1), pp 33-39
[10.] Pahlevi R, Widyarto W.O., Munandar A.. 2013. Implementasi Fuzzy Mamdani untuk Penentuan Pengadaan Kartu Operator pada Distributor Kartu Perdana PT. XYZ, Prosiding Seminar Nasional Industrial Service (SNIS) III. Fakultas Teknik Universitas Serang Raya
[11.] Ariyanti, T., 2014,Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di PT. United Indo Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3(10).
[12.] Jauhari, J., 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI), 2(1), 159-168.
[13.] Risqy, S.P., Indra, D.W, 2016, SPK Pemilihan Media Online Sebagai Sarana Pemosi Menggunakan Metode AHP, Jurnal Informatika Polinema, 2(4), ISSN: 2407-070X.
[14.] Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan metode USDP. Andi offset: Yogyakarta.
[15.] Risqy, S.P., Indra, D.W, 2016, SPK Pemilihan Media Online Sebagai Sarana Pemosi Menggunakan Metode AHP, Jurnal Informatika Polinema, 2(4), ISSN: 2407-070X.
[16.] Charolina. Yanti, 2016, Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemberian Bonus Tahunan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tipe Mamdani (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Sunhope Indonesia di Jakarta), Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), pp 42-53
[17.] Bobillo. F dan Straccio.U, 2017, Generalizing type-2 fuzzy ontologies and type-2 fuzzy description logics, International Journal Approximate Reasioning 87, 40-66
[18.] Juniarto.P.A, Priyandari. Y., Sutopo. W., 2016, Perancangan Aplikasi Pendukung Keputusan Menggunakan UML dalam Estimasi Biaya Mobil Listrik, Seminar Internasional dan Konferensi Nasional IDEC 2016, Surakarta 3-4 Mei 2016
Published
2018-09-09
How to Cite
WATI, Lidya; KURNIATI, Rezki; MANSUR, Mansur. Perancangan Sistem Aplikasi Pengambilan Keputusan Pemilihan Media Promosi Menggunakan Unifed Modelling Language. Prosiding SISFOTEK, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 276 - 284, sep. 2018. ISSN 2597-3584. Available at: <http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/91>. Date accessed: 20 oct. 2019.
Section
2. Rekayasa Sistem Informasi