Kajian Penerapan E-Learning Untuk Mendukung Pembelajaran: Studi Kasus SMA Mutiara Bangsa 2

Authors

  • Hery Hery
  • Riswan E. Tarigan

Keywords:

: Sistem Informasi, E-learning, Lembaga Pendidikan, Media Pembelajaran

Abstract

Penerapan sistem informasi sebagai media pembelajaran siswa dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu sebagai alat pendukung pembelajaran interaktif, dan yang kedua sebagai alat pembelajaran online, yang dikenal dengan nama E-Learning. Tulisan ini mengkaji mengenai bagaimana sebuah institusi pendidikan dapat menerapkan sistem informasi  berupa E-Learning untuk mendukung hasil pembelajaran yang lebih optimal. Peranan E-Learning di sini tidak hanya sebagai nilai tambah dan pendukung, tetapi juga dapat menjadi business drivers bagi sebuah institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada makalah ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan observasi lapangan melalui kuesioner kepada siswa-siswi SMA Mutiara Bangsa 2. Kemudian, data hasil belajar dengan menggunakan E-Learning diolah menggunakan software statistik. Hasil statistik menunjukkan bahwa penerapan E-Learning di sekolah dapat menunjang proses pembelajaran dan dapat menjadi salah faktor yang penting untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sebuah institusi pendidikan.

References

[1] Sagala. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
[2] Hartley, D. E., 2001. Selling E-Learning. Alexiandria, VA: American Society for Training and Development.
[3] Purbo, O.W., & Hartanto, A. A., 2002. Buku Pintar Internet Teknologi E-learning Berbasis PHP dan MySQL Merencanakan dan Mengimplementasikan Sistem E-Learning. Jakarta: Elex Media Komputindo.
[4] Sugiyono., 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Fletcher, J. D., 1990. Effectiveness and Cost of Interactive Video Disc Instruction in Defense Training and Education. Washington DC: Institute for Defense Analyses.

Downloads

Published

2017-10-05

How to Cite

Hery, H., & Tarigan, R. E. (2017). Kajian Penerapan E-Learning Untuk Mendukung Pembelajaran: Studi Kasus SMA Mutiara Bangsa 2. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 69 - 74. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/17

Issue

Section

2. Rekayasa Sistem Informasi