Pemanfaatan E-Commerce Untuk Mendukung UMKM Dalam Pemasaran

Authors

  • Mira Susanti

Keywords:

e-commerce, Pemasaran, UMKM

Abstract

Kota Payakumbuh merupakan kota penghasil terbanyak jenis makanan tradisional  yang berada di Sumatera Barat  yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan dikenal masyarakat global namun kenyataannya dalam pemasaran cenderung  bersifat pasif sehingga usaha  yang dijalankan tidak maksimal dan terkadang mengalami kerugian yang cukup besar.Tujuan penelitian ini adalah membantu Usaha  mikro, kecil  dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam satu sistem berupa e-commerce  untuk menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pembeli  yang diintegrasikan Geographic Information System (GIS) dan Sms Gateway sehingga  membantu pembeli maupun wisatawan untuk menemukan lokasi penjualan dengan peta interaktif dan  memudahkan produsen berbagi informasi kepada pembeli tentang produk baik berupa promosi,diskon atau transaksi serta pembeli juga bisa efisien dan efektif baik dri segi waktu dan biaya.Metode yang digunakan adalah metode  Customer Relationship  Managent (CRM) yang merupakan strategi dalam meningkatkan kepuasan pembeli.

References

[1] Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia,2017,UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM www.depkop.go.id [05 mei 2017]
[2] Koperasi dan UMKM Dinas Koperindag Kota Payakumbuh, 2017.Data umum koperasi.www.koperindagpayakumbuh.com [Accessed 12 juni 2017]
[3] Yan,A.,2013, Jurnal Pekommas,Perancangan Aplikasi Berbasis Costumer Relationship Management (CRM) untuk IKM Tas Yanri di Bogor, Vol. 16 No. 2, pp 131-144
[4] William J., Sri L,2015,Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,Sistem Informasi Ukm Berbasis Website Pada Desa Sumber Jaya,Vol.01, No.1,pp 1-16
[5] Anisa ,Andy P ,Syafiul M,2015, Sistem Informasi Layanan Jasa Promosi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kudus Berbasis Web,Prosiding SNATIF Ke -2, ISBN: 978-602-1180-21-1
[6] Nurul Aini, 2015,Pengembangan Desain Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Kampung Roti Surabaya, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-3 November 2015.
[7] Elly,Harry Dan Didien , 2006,Sistem Pengukuran Kinerja Customer Relationship Management Dengan Metode Crm-

Downloads

Published

2017-10-11

How to Cite

Susanti, M. (2017). Pemanfaatan E-Commerce Untuk Mendukung UMKM Dalam Pemasaran. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 201 - 208. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/39

Issue

Section

6. Sistem Enterprise